Hutan Jaga Suhu Dunia

 


Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bagaimana hutan melakukan lebih banyak untuk planet ini daripada yang kita pikirkan.

Perubahan Iklim adalah ancaman nyata bagi umat manusia. Kenaikan suhu rata-rata hanya beberapa derajat dapat mengakibatkan kenaikan permukaan laut dan mendatangkan malapetaka bagi lusinan kota yang terletak di pantai di seluruh dunia.

Sudah kita tahu sejak lama bahwa hutan itu penting. Namun seringkali, pohon dan hutan hanya dipandang sebagai entitas penyerap karbon dalam lingkaran pembuat kebijakan.

Penelitian ini dilakukan oleh ilmuwan dari AS dan Kolombia. Para peneliti menemukan bahwa hutan membantu planet ini tetap lebih dingin setidaknya setengah derajat.

Selain itu, mereka menemukan bahwa ada beberapa hutan yang berkontribusi lebih banyak dalam aspek ini daripada yang lain. Studi ini pertama untuk menunjukkan manfaat non-karbon dioksida dari hutan yang berbeda.

Hutan di daerah tropis, seperti di Brazil, Guatemala, Chad, Kamerun dan Indonesia memiliki efek pendinginan lebih dari satu derajat. 

Menurut penelitian, pendinginan hutan adalah karena berbagai efek biofisik seperti aspek fisik pohon (seperti kayu, kerapatan dan daun) dibandingkan dengan faktor biokimia seperti Karbon.

sumber : kilat.com

Konsultan IPPKH, Penanaman RehabDAS, Tata Batas dan Inventarisasi Tegakan