Biro Jasa Pengurusan IPPKH

 

Dalam pengurusan peminjaman kawasan hutan atau IPPKH merupakan hal yang sanagt krusial, 

Fungsi untuk jasa pengurusan izin pinjam pakai kawasan hutan

1. Distribusi listrik dan tenaga terbaharukan

Fungsi dari hutan berikutnya ketika membutuhkan proses peminjaman adalah untuk distribusi listrik dan tenaga ter baharukan. Proses ini juga bersifat sementara dengan ketentuan tidak boleh mengganggu proses kelestarian hutan dan pemanfaatannya. Prosesnya harus beserta asuransi yang melindungi jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan.

2. Penampungan korban terdampak bencana

Fungsi pertama untuk hutan yang melalui proses peminjaman biasanya untuk penampungan korban yang terdampak bencana. Hal ini termasuk kebutuhan yang krusial sehingga proses perizinannya juga tidak boleh terlalu rumit dan lama. Meskipun begitu proses penempatannya juga tidak boleh permanen hanya untuk persinggahan sementara.

3. Penampungan air

Fungsi berikutnya adalah untuk pemanfaatan waduk, saluran air, irigasi dan juga jenis genangan air lainnya yang tidak mengganggu. Keberadaan genangan air ini berguna untuk mempermudah proses hujan alami namun jika jumlahnya terlalu banyak juga bahaya. Genangan air yang berlebihan berpotensi menyebabkan banjir.

4. Religi

Jasa izin pinjam pakai kawasan hutan terbaik biasanya berguna untuk mendapatkan izin peminjaman dalam fungsi religi. Pada kegiatan keagamaan tertentu fungsi hutan juga bermanfaat sebagai wadahnya. Hutan merupakan tempat yang luas dan mampu menyatu dengan alam serta jauh dari keramaian.

5. Penunjang keselamatan

Jika berkaitan dengan keselamatan jiwa baik manusia maupun makhluk hidup lainnya maka fungsi yang satu ini harus menjadi yang pertama. Keselamatan harus mendapat perhatian penuh sehingga prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

6. Transportasi

Fungsi hutan selanjutnya adalah untuk sarana transportasi. Namun yang termasuk ke dalamnya adalah bukan yang bernilai profit. Transportasi yang ada berguna untuk pengangkutan hasil-hasil bumi dengan memotong jalan umum biasanya. Melalui hutan akan mempercepat proses dan waktunya.


Aturan reklamasi hutan dan penjagaannya

Selain proses peminjaman yang harus berdasarkan fungsi terkait, tindakan ini harus diimbangi dengan pengadaan reklame. Adapun kegiatan reklame harus mencakup beberapa hal penting berikut ini: 

1. Aturan yang berlaku selama proses peminjaman hutan

  • Jasa izin pinjam pakai kawasan hutan terpercaya ini membantu proses reklamasi seperti penghijauan atau reboisasi terkait. Proses ini berguna untuk mendapatkan hutan yang kembali hijau serta kekayaaan alamnya yang tetap terjaga.
  • Melakukan perlindungan secara mendalam selama peminjaman hutan dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
  • Pemberdayaan lahan dan memberikan batas pasti mengenai area yang membutuhkan penghijauan dan proses perawatan saja.
  • Melakukan rehabilitasi yang mendalam untuk memperkuat keberadaan hutan sebagai paru-paru dunia yang tetap terjaga.
  • Mematuhi batas real yang sudah tersepakati dan juga melakukan pembayaran pajak sesuai nominal yang berlaku.

2. Larangan yang harus dihindari

  • Melakukan kegiatan dalam hutan yang tidak sesuai dengan perizinan surat yang terbuat sebelumnya.
  • Memindahkan kuasa jaminan pada orang lain selain dua pihak yang sudah bertanda tangan.
  • Menjamin orang lain sebagai pemilik area real yang telah tersepakati sebelumnya tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kami bisa membantu anda dalam mengurus perizinan maupun perkara teknis terkait peminjaman kawasan hutan.

KONSULTAN IPPKH, TATA BATAS dan REHABDAS