5 Manfaat Hutan bagi Kehidupan

 



Hutan menjadi sebuah instrumen kunci yang berperan penting dalam kehidupan setiap makhluk yang hidup di atas Bumi. Lalu apa saja manfaat hutan bagi kehidupan ini?

Asal kalian tahu, hampir sepertiga daratan yang ada di muka bumi tertutup oleh hutan. Air minum yang kita minum dan udara yang kita hirup setiap harinya berasal dari hutan, itu termasuk manfaat hutan bagi kehidupan makhluk hidup.

Namun sebelum membahas lebih dalam tentang manfaat hutan, simak dahulu penjelasan tentang pengertian hutan berikut ini.

Definisi Hutan

Mengutip dalam forestdigest , definisi hutan adalah sebuah lahan terbuka yang diisi oleh beragam jenis pepohonan dan vegetasi lainnya, salah satu fungsi hutan yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai penyedia air penunjang kehidupan kita.


Manfaat Hutan bagi Kehidupan

Setelah mengetahui karaketeristik dan definisi jenis hutan yang ada, kini kita akan membahas tentang manfaat hutan bagi kehidupan, berikut adalah 5 manfaat hutan bagi kehiduoan yang dapat kita rasakan:

1.       Sumber Okisgen

Manfaat hutan yang dapat kita rasakan secara langsung adalah sebagai paru-paru dunia, hutan menjadi sumber bagi udara bersih atau oksigen yang kita rasakan setiap harinya

Selain itu hutan juga bermanfaat sebagai tempat tinggal bagi jutaan spesies tanaman dan hewan yang hidup di bumi. Faktanya hutan juga berperan sebagai pengatur perubahan iklim yang terjadi pada berbagai daerah di belahan dunia.

2.       Penyimpanan cadangan air

Selain sebagai penyedia oksigen hutan juga berfungsi sebagai penyimpan cadangan air.

3.       Mencegah banjir dan tanah longsor

Karena hutan bermanfaat sebagai wadah penyimpan cadangan air, dapat kita simpulkan bahwa hutan berperan sebagai pencegah terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

4.       Pemanfaatan hasil hutan

Manfaat hutan bagi kehidupan yang keempat adalah sebagai pemasukan ekonomi bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya, masyarakat dapat memanfaatkan hasil hutan seperti sandang, pangan dan papan.

5.       Sumber obat-obatan alami

Mengutip dalam mutuinstitute , sebanyak 70% tumbuhan liar yang ada di hutan dapat dimanfaatkan sebagai obat kanker, beberapa contohnya adalah pohon kakao dan pohon bakau.

Selain itu beberapa literatur juga menekankan bahwa menghirup udara segar yang dihasilkan oleh hutan dapat meringankan stres dan juga meningkatkan imun tubuh.

sumber : suara.com /5 Manfaat Hutan bagi Kehidupan, Lengkap dengan Jenis-jenisnya